PT. ADIRA FINANCE TIDAK PROFESIONAL

Saya ingin menyampaikan uneg-uneg saya kepada PT. ADIRA FINANCE karena pelayanan dan kinerja para staff , surveyor , Karep , CMH , bahkan branch manager dari ADIRA FINANCE Tulungagung /Trenggalek  yang menurut saya begitu amat sangat tidak profesional , semena mena , melukai hubungan baik yang sudah terjalin selama ini , serta melakukan pembodohan terhadap dealer .

Dalam hal ini saya sebagai kepala toko , bertindak untuk dan atas nama dealer Timbul Jaya Putra Trenggalek bukan secara pribadi .

 

Sebagai dealer yang terletak di desa kecil dan baru seumur jagung serta belum bisa memberikan kontribusi yang berarti bagi ADIRA FINANCE sebetulnya saya sangat tahu diri dan sungkan harus menyampaikan hal ini.

Tetapi karena dari pihak ADIRA FINANCE Tulungagung /Trenggalek tidak ada itikad baik untuk menyelesaikan masalah ini , maka dengan sangat menyesal terpaksa saya sampaikan uneg-uneg saya kepada bapak-bapak dengan harapan agar bapak-bapak tahu permalahan yang sebenarnya , tahu kinerja oknum2 ADIRA FINANCE cabang Tulungagung /Trenggalek yang mungkin “ lupa “ bahwa mereka berbicara dan bertindak mewakili ADIRA FINANCE bukan sebagai pribadi.

 

Saya merasa sangat dirugikan, dikorbankan , dilecehkan dan tidak dihargai , untuk suatu hal yang seharusnya tidak dilakukan oleh oknum2 dengan bendera perusahaan dengan nama besar seperti ADIRA FINANCE .

 

Sejak awal berdiri pada bulan Januari 2006 saya memang belum menjalin kerja sama dengan ADIRA FINANCE , terus terang saya salut pada kegigihan Bp.Darmono selaku CMH Yamaha yang tidak kenal lelah “ merayu “ saya , menawarkan berbagai program dan kemudahan untuk bisa menjalin kerjasama dengan ADIRA FINANCE .

Bulan April 2006 saya mulai menjalin kerjasama dengan ADIRA FINANCE .

Saya memegang komitmen untuk memberikan prioritas utama kepada ADIRA FINANCE untuk setiap permohonan kredit dari konsumen .

Bahkan tanpa disuruh oleh siapapun juga , saya berinisiatif memasang 2 ( dua ) bh . papan nama ADIRA FINANCE didalam showroom , juga mencantumkan logo ADIRA FINANCE disetiap material promosi dan brosur .

 

Saya menyesal sekali karena “ kemesraan “ hubungan baik dengan ADIRA FINANCE ini hanya berlangsung sekejap mata saja , meninggalkan luka yang membekas di hati.. Ibarat gelas yang retak , seindah apapun kita merekatkannya kembali tetap saja tidak bisa kembali indah dan utuh seperti semula , menimbulkan bekas yang tampak di mata .

Ternyata memelihara hubungan baik yang sudah terjalin memang lebih sulit daripada menjalin hubungan baru .

 

Sejak Bulan April 2006 sampai dengan bulan September 2007 saya baru bisa memberikan kontribusi sebanyak kurang lebih 425 unit  kepada ADIRA FINANCE, sungguh suatu angka yang sangat tidak berarti bagi ADIRA FINANCE yang booking nya sudah mencapai ribuan atau bahkan jutaan unit .

Permasalahan demi permalahan mulai timbul sejak saya menjalin kerja sama secara full dengan ADIRA FINANCE , dimulai dari :

1.     Surveyor yang begitu saja meninggalkan konsumen sebelum proses akad kredit selesai karena ada panggilan dari dealer lain dengan DP yang lebih besar

2.     Perlakuan mengenai subsidi dan incentive dealer yang dibedakan dari dealer lain

 

Saya sendiri mengalami betapa sulitnya mengambil BPKB di ADIRA FINANCE . Angsuran sudah lunas normal tapi BPKB belum ada dan dijanjikan 10 hari kemudian .

Setelah saya complain ke ADIRA FINANCE , 2 hari kemudian saya ditelpon bahwa BPKB sudah bisa diambil dikantor ADIRA FINANCE  Trenggalek .

Saya diminta membawa KTP asli ( bukan fotocopy ) dan kwitansi pelunasan . Sesampai nya di kantor ADIRA FINANCE Trenggalek saya dimintai lagi kwitansi 3 bulan terakhir ( padahal di kwitansi yang saya bawa jelas2 tertera stempel LUNAS ) Selain itu saya diminta memfotocopi KTP dulu dengan alasan mesin fotocopynya rusak .

Padahal terhadap konsumen saja , saya tidak pernah menyuruh mereka memfotocopy KTP , tetapi staff saya lah yang harus memfotocopy .

 

Sejak diberlakukan regulasi harga oleh PT.YMKI dan terjadi kasus Jogya Sakti Motor Tulungagung , saya menjadi sangat was-was dan mengalami krisis kepercayaan terhadap ADIRA FINANCE , terutama surveyor yang “asing “ bagi saya yang ditempatkan di beberapa dealer mix yang kebetulan menjadi channel saya , apalagi P.O yang dikeluarkan atas nama dealer lain meskipun unit berasal dari saya .

Saya sudah sampaikan masalah ini kepada Bp.Tonny dan Bp.Eko Wahyu , meminta dengan sangat agar bisa dibuatkan MoU mengenai hal tsb .

Tetapi Bp.Eko Wahyu bukannya memberi jalan keluar malah dengan santai mengatakan : jangan jual ke channel .

Mungkin Bp.Eko Wahyu “ lupa “ beliau berbicara dalam kapasitasnya sebagai apa ? Sebagai BM ADIRA FINANCE atau sebagai wakil PT.YMKi atau sebagai owner dari Timbul Jaya Putra ?

Setelah menemui jalan buntu akhirnya Bp.Irfan dan Bp.Darmono  berjanji akan membuat MoU dengan saya , sekaligus juga menjamin bahwa surveyor “asing” tsb tidak akan survey motor Yamaha lagi melainkan hanya akan survey motor bekas dan motor china .

Saya mencoba untuk percaya dengan janji manis tsb , tetapi ternyata belum berselang 2 bulan surveyor “asing“ tsb masih mau dan masih berani survey Yamaha lagi . Dan ADIRA FINANCE dengan enteng menyalahkan channel yang memberi order tsb .

Pertanyaan saya : kalau ADIRA FINANCE Tulungagung/Trenggalek tidak bisa , tidak berani atau tidak mampu mengendalikan surveyornya , apakah saya berani berspekulasi dengan ADIRA FINANCE ?

Saya bisa memberi pressing ke channel tsb dengan tidak menjual unit ke channel tsb lagi , tetapi apakah saya punya power untuk memberi sanksi kepada surveyor yang “ bandel “ dan “ tidak bisa dikendalikan” tsb ?

 

Kenapa saya begitu trauma dengan surveyor asing tsb ?

Karena sejak awal saya masuk di Trenggalek saya sudah sering mendengar tentang “ kreatifitas dan kenakalan “ beberapa surveyor ADIRA FINANCE yang seringkali bisa “diatur “ untuk menuruti kemauan dealer ybs .

Waktu itu saya tidak ambil pusing karena itu tidak terjadi di dealer saya dan belum ada regulasi harga dari YMKI .

 

Belum lagi MoU dibuat , muncul masalah baru yang membuat saya mengambil keputusan bulat untuk  “menceraikan” ADIRA FINANCE langsung dengan talak tiga . Saya mengirimkan email ini bukan karena saya ingin “ rujuk “ dengan ADIRA FINANCE tetapi saya hanya ingin : menyuarakan kebenaran dan agar bapak2 yang di pusat tahu “ kebusukan “ beliau2 yang di cabang Tulungagung/Trenggalek .

 

Karena saya yakin 99,9% bahwa masalah switch order ini bukan policy dari ADIRA FINANCE pusat dan bahwa beliau2 yang dicabang itu tidak akan pernah berani secara gentleman membuka “ boroknya “ pada pimpinan pusat , karena itu sama artinya dengan “ bunuh diri

 

Masalah terjadi pada tanggal 13 Sept 2007 saya memberi 4 PK kepada MO yang langsung melakukan incoming jam 08.30 .

Setelah ADIRA FINANCE  Trenggalek menyatakan “ kosong ” maka Hengky langsung berangkat melakukan survey .

Ternyata sesampai dirumah konsumen unit sudah dikirim dari dealer lain dengan surveyor ADIRA FINANCE  yang bernama Sonny .

Saya langsung protes kepada Bp.Darmono dan beliau dengan sangat meyakinkan mengatakan bahwa incoming-nya bareng dengan dealer lain tsb .

Beliau juga dengan akting yang sangat meyakinkan “ memarahi “MO nya di depan saya : kok incomingnya lambat , kok tidak mau langsung ke kantor saja

daripada lewat telpon ? Beliau juga berjanji akan mengganti dengan memberi order sebanyak 4 unit kepada saya .

Pada waktu itu saya sempat bertanya kepada p.Darmono : kalau incoming sudah memakai sistem computer kan bisa dilihat :

o                 jam berapa di inputkan ?

o                 selisih berapa detik ?

o                 kenapa Antok bag.incoming bilang “ kosong “ ?   

 

Saya akhirnya agak melunak mengingat saya tetap ingin menjalin hubungan baik dengan ADIRA FINANCE dan saya juga menyadari bahwa saya memang tidak bisa mendikte ADIRA FINANCE  untuk menerbitkan P.O sesuai kehendak saya . Saya selalu positif thinking terhadap ADIRA FINANCE , sama sekali tidak terlintas dalam benak saya bahwa ADIRA FINANCE  akan “membohongi “ saya , mengingat ADIRA FINANCE  adalah mitra kerja saya dan ini bulan puasa .

Tetapi keesokan harinya saya mendapat informasi dari MO bahwa incoming dari Timbul Jaya Putra jam 08.30 sedangkan dari dealer lain jam 09.30 – untuk ke 4 konsumen yang sama tsb .

Lagi2 saya salut pada p.Darmono yang dalam keadaan kepepet bisa dengan begitu lihainya melempar bola api  pada saya dengan mengatakan : bahwa saya sudah pernah membuat komitmen dengan ADIRA FINANCE bahwa P.O akan diterbitkan atas nama dealer yang sudah menerima uang muka terlebih dulu .

Seingat saya komitmen kami waktu itu adalah : bahwa P.O akan diterbitkan atas nama dealer yang punya unit ready stok .

 

Mendadak saya kehilangan kepercayaan pada  ADIRA FINANCE sampai pada titik nol . Saya bertanya pada diri saya sendiri seperti orang bodoh :

o       Memangnya bagaimana saya bisa tahu bahwa uang muka benar2 sudah dibayarkan oleh konsumen ?

o       Mengapa ADIRA FINANCE tetap ngotot dan bersikukuh untuk menerbitkanP.O atas nama dealer lain tsb padahal saya sudah protes ?

o       Bukankah Sonny jelas2 melanggar prosedur survey ?

o       Sedemikian sibuk kah Karep ADIRA FINANCE  Trenggalek sampai2 tidak tahu ada masalah switch order seperti ini ?

o       Ataukah selama ini hal yang semacam itu sudah sering terjadi tanpa saya ketahui ?

o       Apakah PK yang saya ajukan dan ditolak oleh ADIRA FINANCE benar2 tidak layak di ACC , ataukah PK tsb diperjual belikan oleh oknum2 ADIRA FINANCE sendiri ?

o       Mengapa di bulan yang suci dan penuh ampunan ini para oknum ADIRA FINANCE sampai rela berbohong soal incoming tsb ? Apakah puasanya akan mendapat pahala atau hanya akan mendapat lapar dan dahaga saja ?

o       Ada permainan apa antara ADIRA FINANCE dengan dealer lain ?

o       Apakah hal ini sengaja dilakukan agar ADIRA FINANCE bisa berkelit membatalakan MoU yang sudah terlanjur disepakati ?

o       Bukankah ini sama artinya dengan ADIRA FINANCE siap kehilangan dealer kecil seperti saya ?

 

Saya mencoba mencari kebenaran dan keadilan dengan menelpon Bp.Eko Wahyu selaku BM , dengan harapan beliau bisa memberi angin sejuk .

Tetapi ternyata beliau dengan begitu arogan bertanya pada saya : kalau tidak dengan ADIRA FINANCE  anda mau kemana ?

Saya ganti bertanya pada p.Eko : memangnya YMKI hanya menunjuk 1 leasing saja yang diakui dan dipercaya untuk bekerja sama dengan dealer ?  

Saya juga berusaha menelpon Bp.Tonny , tetapi lengkaplah kekecewaan saya karena ternyata sampai hari ini tanggal 18 Sept 2007 beliau hanya diam alias NATO ( no action talk only)  tidak memberikan  win2 solution .

Saya sangat menyayangkan nama perusahaan sebesar ADIRA FINANCE ternyata sangat tidak profesional dalam menyelesaikan suatu permasalahan dengan dealer tidak bisa memberi jalan keluar yang terbaik dan menyejukkan bagi kedua belah pihak .

Kalau hal tsb dilakukan oleh competitor saya bisa memakluminya , tapi ini dilakukan oleh ADIRA FINANCE yang nota bene adalah mitra kerja dealer dan leasing yang diakui oleh YMKI .

Saya tidak menuntut supaya ADIRA FINANCE meminta maaf pada saya ataupun pada Bp.Anton Sudjono selaku owner .

Saya menyadari bahwa tuntutan itu terlalu tinggi untuk dilakukan oleh perusahaan sebesar ADIRA FINANCE  , tetapi saya hanya ingin bapak-bapak yang di pusat sudi membaca uneg-uneg saya ini .

Sekarang , talak tiga sudah dijatuhkan dan siapapun juga tidak akan melihat lagi 2 bh papan nama ADIRA FINANCE dan logo ADIRA FINANCE di semua material promosi yang berbau TIMBUL JAYA PUTRA ..

 

Sekarang saya lebih senang mengganti slogan ADIRA FINANCE : BRINGS TOMORROW TODAY dengan BRINGS PROBLEM TODAY

 Ini adalah ungkapan kekecewaan dari salah seorang relasi PT. ADIRA FINANCE. Makanya, jaga kepercayaan.

 

11 Balasan ke PT. ADIRA FINANCE TIDAK PROFESIONAL

  1. dewa mengatakan:

    saya juga mengalami kekecewaan dan kekesalan pada PT.ADIRA FINANCE, karena surat kwitansi sudah lunas bukti sudah ada, tapi hanya kata-kata dusta dan janji palsu yang diucapkan oleh perusahaan munafik dengan embel-embel yang menjanjikan, surat kuasa yang saya berikan ditolak alasan cuma sepele hanya tidak ada angka satu didalam alamat masih saja dipersulit, manusia di dunia ini tidak ada yang sempurna dan jika banyak kesalahan itu wajar karena kita itu manusia, dan yang benar dan sempurna hanyalah milik Allah, makanya saya juga tidak percaya dan tidak akan lagi untuk berurusan dengan namanya ADIRA FINANCE walaupun ada ADIRA FINANCE mana pun keberatan, tetap saja perusahaan itu munafik, sudah tahu dapat bunga besar dari konsumen masih aja dipersulit dan seperti mengharapkan dapat uang tambahan pula, seperti pepatah” Musang Berbulu Domba” halus dalam memberikan pinjaman busuk dalam menyelesaikan urusan, saya hanya bisa berkata kepada pihak ADIRA FINANCE “Bahwa di dunia ini tidak akan kekal selamanya, walaupun hartamu banyak tapi dengan cara tidak halal, tunggulah pembalasan akibat dari ulahmu yang merugikan masyarakat manapun, sadarlah hidup ini hanya sementara sementara engkau menumpuk-numpuk hartamu yang tidak halal” SADARLAH”.

  2. cluboblo mengatakan:

    Salam kenal ya………….

    ni dari anak club oblo tulungagung,minta promosinya boleh apa gak….????

  3. raka mengatakan:

    jangan lagi kerjasama dengan ADIRA!! Pak..
    islam mengatakan jika kita disakiti
    1. diam
    2. bertahan
    3. lawan
    jadi jangan PERNAH anda kerjasama lagi dengan Adira jika memang kisah anda seperti itu,
    saya bukan dari finace lain.. tapi ketika membaca kisah anda, sangat JELAS sekali bahwa pihak ADIRA memang kurang Profesional dalam melayani konsumennya..
    MERUPAKAN SATU CERMINAN BURUK PIHAK ADIRA…
    untung saya engga pernah kredit pake ADIRA….!!!

  4. punakawan69 mengatakan:

    Sial..aku uda terlanjur kredit laptop pake adira….
    Yang bikin masalah,tiap bayar aku pake ATM,n struknya cuma jadi barang bukti. Tau khan kualitas kertas struk itu gimana?banyak yg rusak dan ga lengkap lagi…..HUff…mati gue..masih ad 5 bulan lagi ne cicilan..mudah2an ga ad masalah….amin!!

  5. Tiar Camp mengatakan:

    Saya juga merasakan kekecewaan oleh PETE.ADIRA-KATROEK…
    khususnya adira cilegon.. saya melakukan penajuan barang, hingga 1 bulan tidak ada tanggapan….
    ppadahal dah jelas2 untuk persyaratan saya sudah lenkap…
    tapi tetap aja… g tau tuh g profesional banget adira….

  6. Tiar Camp mengatakan:

    emang MUNAFIK tuh PT.ADIRA-KAFIR

  7. fery mengatakan:

    buat saudara dewa, untuk pengambilan BPKB di Adira dengan menggunakan surat kuasa memang demikian adanya. hal tersebut menggambarkan kepada seluruh konsumen adira untuk tingkat keamanan BPKB yang diserahkan kepada Adira. harap maklum ya…

  8. luna mengatakan:

    jgn slh, jd pgwai adira finance jg mngcwakan, kt berlaku benar pun tak ada am apresiasi sm skli,gaji kecil, kl tdk pintar2 mnjilat atsan tdk akn ad promosi jabatan.jgnkan d daerah spt bpk,d jabodetabek kondisiny pun sm parahny,

  9. denik mengatakan:

    adira nggak profesional sama sekali pelunasan prosedur susah/ribet BPKB keluar lama pelayanan gak sopan.

    Saya harus lapor kemana ?? mungkin ada yang tahu no telp. ADIRA pusat ???

  10. aria mengatakan:

    pak tolong kirimkan isi nota MUO adira dengan konumen…
    penting banget pak. kirimkan ke alamat saya aryaputra13@yahoo.co.id

  11. dania mengatakan:

    ADIRA FINANCE SEBUAH INSTITUSI, ynag salah bukan institusinya, tapi oknumnya!!! ga banget menjudge suatu perusahaan besar BURUK. GA PROFESIONAL ATAU KAFIR!!!!!!!!!!! jg salah kadang2 staff bisa hancur karirnya gara2 konsumen yang ga bagus misalnya kasih data boong, ga bayar angsuran, DP kecil tapi tuntutannya banyak, qt surveyor mau bantu coz manusia saling membutuhkan.coba bisa ga kalian bikin perusahaan kayak ADIRA, ga usaj besar2 kecil aja tapi bisa muasin konsumen ga? no body perfect lah, kalo mau comment sampein langsung ke pusat atau POLISI skalian jg jetuhin nama baik ADIRA FINANCE coz buleh ditanya ma masyarakat indonesia lain diluar anda banyak kok yang merasa pelayanan kita baik dan muasin mereka, inget jg bawa2 agama, lu semua ga berhak bilang ADIRA KAFIR!!!!!!!!!!!! lu tanya ma diri lu sendiri apa udah berbuat baik buat orang lain????????????? (CMO ADIRA FINANCE BANDAR LAMPUNG)
    NB: banyak kok dealer2 yang malah ngejebak dengan kasih info yg ga bener bisa gw bilang KAFIR GA???????????????

Tinggalkan Balasan

